8:23 PM

Yertle, The Turtle King

I have a nice story, yg dikarang oleh Theodor Seuss Geisel, pengarang buku cerita anak-anak terkenal, cerita ini tentang seekor kura-kura bernama Yertle.

Yertle
adalah raja kura-kura di sebuah kolam yang aman dan damai. Setiap hari ia duduk di takhtanya, yakni sebuah batu di tengah kolam. Suatu saat ia berpikir, andai takhtanya lebih tinggi, tentu ia dapat melihat banyak hal yang indah di luar kolam. Yertle mendapat akal. Ia memerintahkan sembilan ekor kura-kura untuk saling menaiki punggung, sehingga tersusun tinggi ke atas. Lalu ia naik ke punggung kura-kura paling atas dan melihat pemandangan yang luas dari tempat tinggi.

Mack, kura-kura yang berada paling bawah, mengeluh kesakitan. Namun, Yertle tidak peduli. Ia terus memerintah supaya jumlah tumpukan kura-kura ditambah. Sampai akhirnya, jumlah kura-kura yang bertumpuk adalah 5.816 ekor. Ketika itulah Mack - yang berada di paling bawah - bersendawa. Lalu bergoyanglah kura-kura lain di atasnya. Akibatnya, Yertle yang berada di ketinggian jatuh, dan mati.


Hikmah cerita di atas ? arti'in sendiri aja ya.... yg jelas selalu ada 'upah' saat kita mulai tamak dan sombong dengan kedudukan.. entah kekayaan, kepandaian, kecantikan, karir, gelar, bla-bla-bla dst... just becarefull... somehow when we try too much.. its can kill us..
n jangan remehkan pula 'orang bawah' - karena dialah yg biasanya menjadi orang pertama dan penentu dalam 'proses jatuh' kita...

0 comments: