8:42 PM

Drum ? Apaan sih ?


Yah.. this is Drums..


Alat musik favoritku.. aku udah main alat musik ini sekitar 15 tahun ! sederet piala pun udah pernah aku dapetin dari alat musik ini .. yess I'm still a musician until now.. tapi sekarang aku lebih suka maen musik ministry dari pada musik dunia.. its more excited and skillfull..
tapi apa sih drum itu ? aku mau bagi dikit pengetahuan tentang drum.. not just for a drummer like me.. but for u too..



Gambar diatas adalah salah satu kit dari drum set modern.. tapi 'drum' itu sendiri sebenarnya nggak harus berbentuk seperti itu.. satu buah tom-tom sebenarnya sudah bisa disebut sebagai 'drum'
Drum adalah alat musik yang masih masuk dalam keluarga perkusi.. dia terdiri dari membran untuk di pukul (biasa disebut drumhead), dan body (yang berbentuk tabung) tempat membran tersebut di lekatkan. Drum itu adalah alat musik tertua di muka bumi ini - dan saat ini drum telah mengalami proses revolusi ribuan kali. Ribuan tahun lalu, manusia purba udah pake alat musik ini untuk mengiringi acara-acara religius mereka. Saat ini, di Afrika, talking drum masih sering dipakai sebagai alat komunikasi mereka.. mirip dengan kentongan di negara kita.. Di negara-negara eropa, snare drum juga dipakai untuk mengiringi 'gerak jalan' para tentara mereka.. dan ritual ini sudah ada semenjak ratusan tahun yang lalu.. (maka lahirlah 'marching band' - yang sebenernya dibentuk hanya untuk mengiringi 'gerak jalan' tentara)
Drum termasuk dalam alat musik diatonis (dua nada saja : nada tinggi & nada rendah), karena ia memang dirancang bukan untuk membuat nada .. tapi drum dirancang untuk membuat pola irama / ketukan..

Sedangkan drum set modern (atau yang sering disebut drum kit atau trap set ) baru muncul sekitar tahun 1700-an di Inggris. Pada mulanya drumset ini di rakit untuk mengiringi musik-musik orkestra yang sangat populer pada era itu.
Drumset modern juga mengalami beberapa penambahan beberapa perkusi lain, seperti cymbal dan cow bell. Coba lihat gambar di samping ini, ini adalah sebuah set drum standar yang paling sering dipakai :
1. Bass Drum (yang berbunyi 'Dug')
2. Floor Tom (yang berbunyi 'der' )
3. Snare Drum (yang berbunyi 'crek')
4. Tom-tom (yang berbunyi 'tung' )
5. Hi-hat (yang berbunyi 'cik')
6. Cymbal (yang berbunyi 'tash')

Pada awalnya seluruh instrumen dalam drumset dimainkan dengan tangan (termasuk bass drum) - nggak ada yang dipukul dengan pedal kaki, so penataannya semuanya berjajar dan menghadap ke atas, pada waktu itu Drumset masih terdiri dari snare drum sama bass drum aja. baru pada tahun 1909, William F Ludwig membuat inovasi, dengan menciptakan pedal pemukul yang memungkinkan kaki untuk membunyikan bass drum.
Pada tahun 1930-an, para musisi waktu itu (yang paling populer : Gene Krupa) menambahkan 2 tom-tom dan 1 floor tom sebagai standar baru drumset (masih sering dipake hingga saat ini).
Pada tahun 1964, Ringo Starr, drummernya the Beatless mempopulerkan alat musik ini lewat televisi. Dan peristiwa ini menjadi awal sejarah baru - dimana drum mulai menjadi sebuah alat musik wajib bagi band-band di kala itu.
Saat ini berbagai macam drumset udah mulai bermunculan.. ada yg masih manual (semuanya akustik) hingga penambahan unsur-unsur teknologi, seperti sound pad, sound effect, dan lain sebagainya..

Ok .. that's all for now..
ntar kalo ada waktu lagi.. aku mo bahas tentang gimana cara mainin alat musik ini .. OK ?

1 comments:

pikomon said...

ayo jod, dikasih potomu pas ngedrum dunk biar seru...